Selasa, 04 Juni 2013

Tugas Resume TI



Ms. Office Excel
Fungsi Statistik
Fungsi statistika atau statistical function merupakan fungsi statistik yang akan sangat berguna dan sering digunakan dalam aplikasi Ms. Office Excel oleh berbagai jenis pekerjaan, termasuk dalam pekerjaan tenaga medis dan kesehatan. Pengaplikasiaanya dapat berupa menghitung rata-rata kedatangan pasien, jenis obat yang paling sering digunakan, rata-rata kematian ibu dan  bayi, serta dalam pengolahan data lainnya yang akan membantu dalam merumuskan dan menentukan langkah selanjutnya.
Fungsi statistik dalam Ms. Office Excel, terdiri dari berbagai macam, di antaranya berikut yang sering digunakan :
A.    SUM
Digunakan untuk menjumlahkan seluruh nilai data didalam suatu range tertentu.
Langkah :
a.    Ketik  =SUM(range data), kemudian tekan enter
Lalu akan keluar hasil penjumlahannya
b.    Atau dapat pula menggunakan kursor untuk mem-blok deretan data yg ingin dijumlah.
1.    Ketik =SUM(
2.    Kemudian blok deretan data yang ingin dijumlah
3.    Lalu ketik tanda tutup kurung “)” dan tekan enter


B.    AVERAGE
Digunakan untuk menghitung nilai rata rata dari nilai data didalam suatu range .
Langkah :
a.    Ketik  =AVERAGE(range data), kemudian tekan enter
b.    Atau dapat pula menggunakan kursor untuk mem-blok deretan data yg ingin dihitung rata-ratanya.
1.    Ketik =Average(
2.    Kemudian blok deretan data yang ingin dihitung rata-ratanya
3.    Lalu ketik tanda tutup kurung “)” dan tekan enter
Kedua langkah tersebut akan menghasilkan data yang sama, yaitu

C.    MAX
Digunakan untuk menentukan nilai data yang tertinggi (terbesar) dibandingkan nilai data yang lain didalam suatu range.
Langkah :
a.    Ketik  =MAX(range data), kemudian tekan enter
b.    Atau dapat pula menggunakan kursor untuk mem-blok deretan data yg ingin dicari nilai terbesar atau tertingginya.
1.    Ketik =MAX(
2.    Kemudian blok deretan data yang diinginkan
3.    Lalu ketik tanda tutup kurung “)” dan tekan enter
Kedua langkah tersebut akan menghasilkan data yang sama, yaitu
D.   MIN
Digunakan untuk menentukan nilai data yang terendah (terkecil) dibandingkan nilai data yang lain didalam suatu range.
Langkah :
a.    Ketik  =MIN(range data), kemudian tekan enter
b.    Atau dapat pula menggunakan kursor untuk mem-blok deretan data yg ingin dicari nilai terkecil atau terendahnya.
1.    Ketik =MIN(
2.    Kemudian blok deretan data yang diinginkan
3.    Lalu ketik tanda tutup kurung “)” dan tekan enter
Kedua langkah tersebut akan menghasilkan data yang sama, yaitu
E.    COUNT
Digunakan Untuk menghitung jumlah banyaknya data ( numeric/angka) yang ada didalam sebuah range.
Langkah :
a.    Ketik  =COUNT(range data), kemudian tekan enter
b.    Atau dapat pula menggunakan kursor untuk mem-blok deretan data yg diinginkan.
1.    Ketik =count(
2.    Kemudian blok deretan data yang diinginkan
3.    Lalu ketik tanda tutup kurung “)” dan tekan enter
Kedua langkah tersebut akan menghasilkan data yang sama, yaitu
F.    COUNTA
Digunakan untuk menghitung jumlah sel-sel yang berisi data angka (numeric) dan hurup (character).
Langkah :
a.    Ketik  =counta(range data), kemudian tekan enter
b.    Atau dapat pula menggunakan kursor untuk mem-blok deretan data.
1.    Ketik =counta(
2.    Kemudian blok deretan data
3.    Lalu ketik tanda tutup kurung “)” dan tekan enter
Kedua langkah tersebut akan menghasilkan data yang sama, yaitu

G.   COUNTBLANK
Kebalikan dengan fungsi COUNTA, fungsi COUNTBLANK digunakan untuk menghitung jumlah sel-sel yang tidak bernilai (null).
Langkah :
a.    Ketik  =COUNTBLANK(range data), kemudian tekan enter
b.    Atau dapat pula menggunakan kursor untuk mem-blok deretan data yg diinginkan.
1.    Ketik =countblank(
2.    Kemudian blok deretan data yang ingin dihitung rata-ratanya
3.    Lalu ketik tanda tutup kurung “)” dan tekan enter
Kedua langkah tersebut akan menghasilkan data yang sama, yaitu
H.   COUNTIF
digunakan untuk menghitung jumlah sel-sel yang berisi data angka (numeric) dan huruf (Character) berdasarkan kriteria yang diinginkan.
Langkah :
a.    Ketik  =COUNTIF(range data;sel dimana kriteria data yang diinginkan), kemudian tekan enter
b.    Atau dapat pula menggunakan kursor untuk mem-blok deretan data yang diinginkan.
1.    Ketik =countif(
2.    Kemudian blok deretan data yang ingin diinginkan kemudian ketik tanda “;”
3.    Pilih dan klik sel tempat data dengan kriteria tertentu yang diinginkan,
4.    Lalu ketik tanda tutup kurung “)” dan tekan enter
Kedua langkah tersebut akan menghasilkan data yang sama, yaitu
I.     STDEV
Merupakan fungsi untuk menghitung standar deviasi dari suatu dalam dalam range tertentu.
Langkah :
a.    Ketik  =STDEV(range data), kemudian tekan enter
b.    Atau dapat pula menggunakan kursor untuk mem-blok deretan data yg ingin dihitung standar devisiasinya
1.    Ketik =stdev(
2.    Kemudian blok deretan data yang ingin dihitung standar devisiasinya,
3.    Lalu ketik tanda tutup kurung “)” dan tekan enter
Kedua langkah tersebut akan menghasilkan data yang sama, yaitu

Terakhir, apabila ingin melanjutkan penggunaan berbagai fungsi statistik diatas pada data Berat Badan disampingnya, dapat dilakukan dengan cara
1.    Meng-klik sudut kanan bagian bawah  sel yang berisi hasil penggunaan fungsi,

2.    Kemudian geser hingga melewati sel di bawah deretan data Berat Badan.
3.    Hasilnya seperti dibawah ini,

Terima kasih atas perhatiannya, dan selamat mencoba....! :D


bagi yg ingin mengunduh, silahkan di 
 

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates